Wah Fahri Disambut Gadis-Gadis Cantik Di Sabang

0
368

Sabang, Aceh – Dalam rangkaian Pawai Kebangsaan yang dilakukan Fahri Hamzah dan rombongan hingga setahun ke depan, mereka melakukan Deklarasi Pawai Kebangsaan di Sabang. Jum’at pagi (27/10), Fahri Hamzah dan rombongan akhirnya tiba di Sabang, kota paling ujung barat Indonesia  di Aceh. Bersama Fahri, turut hadir ratusan aktivis asal Aceh dan berbagai tempat di Indonesia.

Sabang adalah kota yang kita nyanyikan dalam lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’. Penyematan kalimat ‘Dari Sabang Sampai Merauke’ berasal dari Bapak Pendiri Bangsa kita, Bung Karno. Dulu, ucapan ini mungkin awalnya adalah penghinaan, berawal dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal JB van Heutsz saat mengklaim kemenangannya dalam Perang Aceh tahun 1904, yaitu “Vom Sabang tot Merauke”.

Tapi oleh Bung Karno, ucapan “Dari Sabang dan Merauke”, dipopulerkan kembali untuk membalikkan cara berpikir kita sebagai sebuah bangsa. Bahwa dari Sabang sampai Merauke yang dulunya dikuasai penjajah dan dilipat-lipat oleh Kolonialisme, kini sudah bangkit, bersatu dan Merdeka.

Ketika tiba di Pelabuhan, Fahri Hamzah disambut oleh beberapa gadis belia nan cantik yang melakukan tarian Ranup Lampuan. Tarian ini merupakan tarian tradisional di Nangroe Aceh yang penarinya terdiri dari beberapa orang yang memakai pakaian khas Aceh dan dipadu oleh musik tradisional Aceh. Tari ini diciptakan dan ditampilkan dalam rangka untuk adat menyambut tamu. Tamu biasanya disambut dengan penuh kehormatan dengan menyajikan sirih.

Sirih (dalam bahasa Aceh adalah Ranup) yang di taruh di dalam Puan (wadah sejenis mangkuk) yang terbuat dari kuningan, yang pada akhir tarian di bagikan kepada tamu. Tarian ini juga biasanya di gelar pada acara atau event tertentu, misalnya kedatangan tamu negara, wisatawan dalam dan luar negeri.

Tarian itu adalah simbol rasa suka cita tuan rumah kepada tamunya. Bapak Fahri Hamzah dan rombongan aktivis pergerakan, selamat datang di Sabang.

(BP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here