Sabang Sebagai Gerbang Ekonomi Dan Peradaban Indonesia

0
326

Oleh. Wawan Wahyudin (pelaku ekonomi kreatif)

Dalam rangkaian Deklarasi Pawai Kebangsaan ke Pulau Weh di Sabang, Propinsi Aceh Darussalam, terlihat beberapa potret kehidupan masyarakat beserta potensi sumber daya alamnya yang dapat dioptimalkan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa.

Sebagian besar perekonomian masyarakat pulau Weh ini didominasi oleh agrikultur. Hasil utamanya adalah cengkeh dan kelapa, selain itu juga sebagai tempat pembiakan ikan berskala keci, dan semenjak akhir abad ke-19, kota ini merupakan pintu masuk ke selat Malaka.

Pemerintah Indonesia sempat menjadikan Sabang sebagai Zona Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas untuk mendapatkan keuntungan dengan mendirikan pelabuhan tersebut sebagai pusat logistik untuk kapal luar negeri yang melewati selat itu. Sayangnya kondisi tersebut sempat terhenti bahkan setelah adanya pengembangan infrastruktur di Sabang masih terlihat pelabuhan bebas ini belum diberdayakan dengan baik.

Kondisi seperti ini membutuhkan peran pemimpin negeri untuk berperan aktif menjadikan kota Sabang sebagai pintu gerbang ekonomi yang tumbuh dari ujung Barat Nusantara.

Adanya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah pusat dan daerah berupa pelabuhan bebas, dan bandara internasional sultan iskandar muda sabang membutuhkan dukungan berupa kebijakan yang lebih serius dari pemerintah pusat untuk pembangunan infastruktur di kota sabang.
Sayang sekali pelabuhan yang strategis, bagus dan megah serta berpotensi menjadi gerbang ekonomi maupun wisata tidak di berdayagunakan sebagaimana mestinya, padahal dari pelabuhan dan bandara ini kita dapat meningkatkan kembali perekonomian masyarakat, daerah dan nasional.

Hal ini dapat memotivasi Pelaku UMKM yang ada di sabang untuk dapat tumbuh seiring dengan kreatifitas anak mudanya dalam mengelola perekonomian di kota Sabang. Perpaduan potensi anak muda yang kreatif dengan SDA dan sarana yang ada dapat menjadi sebuah Kekuatan ekonomi yang luar biasa di kota sabang.

Hal ini juga di sampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah selaku penggagas Pawai Kebangsaan dalam orasi yang di sampaikan pada saat deklarasi Pawai Kebangsaan di kota Sabang, “Bahwa Sabang akan kita pertunjukan kepada dunia tidak saja kepada bangsa Indonesia namun sabang akan menjadi gerbang dunia, pintu peradaban baru yang megah, indah, dan penuh kepercayaan diri, yang tumbuh dengan nilai nilai dan peradaban ilahiyah, di tangan anak muda insyaallah Sabang akan berubah menjadi mercusuar Indonesia di seluruh dunia karena kita tahu Sabang memiliki potensi yang luar biasa”. Dengan rasa optimisme yang tinggi Fahri Hamzah menaruh harapan akan kemajuan pertumbuhan ekonomi karena dipimpin oleh seorang walikota yang masih muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here