MOMENTUM AKSELERATIF PEMUDA INDONESIA

0
76

Oleh : dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika)

Penetrasi dunia digital ini laksana pisau bermata dua untuk pemuda-pemudi Indonesia, di satu sisi mampu mempercepat perkembangan kapasitas, kompetensi, dan daya saing. Namun disisi lain bisa mendestruksi karakter, peran, dan fungsi jika tidak dikelola dengan cermat.

Tiga faktor utama yang harus kita persiapkan bersama dalam momentum bonus demografi adalah meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kesehatan, dan meningkatkan lapangan kerja. Mengapa demikian? Kita butuh ketiga hal itu untuk memastikan hadirnya produktivitas. Tanpa kesehatan, produktivitas akan hilang, tanpa lapangan kerja produktivitas tak mampu disalurkan, tanpa pendidikan produktivitas akan lambat.

Ketidakmampuan sistem pendidikan kita untuk mempersiapkan pemuda – pemudi bersaing di pasar dan keterbatasan lapangan kerja akan menjadi 2 ancaman terbesar yang menghambat kita lari cepat dalam momentum bonus demografi.

Ketidaksiapan jumlah lapangan kerja dan rendahnya kualitas para pekerja kita akan memberikan pengaruh sosial dan ekonomi yang mengakibatkan penurunan produktivitas dan rendahnya pendapatan.

Jangan pernah meremehkan ketidakadilan sosial, itu adalah akar dari kriminalitas dan konflik.

Jika tidak mempersiapkan dengan baik, bonus demografi kita akan menjelma menjadi bencana demografi yang akan kita sesali bersama.

Pembukaan lapangan kerja pemuda secara massive dan peningkatan sistem pendidikan yang berorientasi pada pasar adalah pekerjaan rumah besar yang harus kita selesaikan bersama-sama dalam menyambut momentum bonus demografi.

Jadikan pemuda sebagai prioritas pembangunan, bangun kapasitasnya, bentuk karakter, tingkatkan kompetensi, dan kuatkan daya saingnya. Karena merekalah adalah masa depan Indonesia.

Kita harus optimis dan percaya diri bahwa bonus demografi adalah peluang besar kita untuk mengejar ketertinggalan, ini saatnya kita sprint, ini adalah panen raya kita.

Saya yakin dengan sepenuhnya bahwa di era milenial ini, karya – karya anak bangsa akan menjadi kekuatan akumulasi yang melahirkan daya dorong, akselerasi, dan lompatan pertumbuhan sosial dan ekonomi bangsa Indonesia.

Peningkatan kapasitas pemuda akan membangun daya saing kita di kancah dunia dan memampukan kita melakukan lompatan peradaban.

Bonus demografi adalah momentum kita, era kita, saatnya kita mengejar ketertinggalan, saatnya kita menciptakan lompatan kesejahteraan untuk Indonesia.

Mari sambut perhelatan momentum bonus demografi dengan siapkan pendidikan, pastikan kesehatan, buka lapangan kerja, dan pacu daya saing pemuda kita.

Kini adalah saatnya kita pacu bonus demografi, menangkan persaingan MEA, dan jadikan pemuda kita sebagai tonggak dalam percepatan pembangunan Bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here