“Merdeka Bro!” Pawai Kebangsaan Dideklarasikan Di Sabang Di Hari Sumpah Pemuda

0
234

Jakarta – Pemilihan “Merdeka, Bro” sebagai slogan Pawai Kebangsaan untuk menjelaskan kepada rakyat Indonesia akan beberapa makna. Demikian yang disampaikan oleh salah satu Deklarator Pawai Kebangsaan Rahmantoha Budiarto yang juga mantan Ketua Umum PP KAMMI dan ketua BEM UGM pada awak media.

“Pemilihan kata ‘Merdeka’, mengandung pengertian bahwa Gerakan Nasional Pawai Kebangsaan yang diinisiasi dan dideklarasikan pada 28 Oktober 2017 di Aceh nanti ingin membawa pesan bahwa harusnya bangsa ini meneguhkan kembali cita-cita kemerdekaan sebagai landasan dalam berjalan. Cita-cita kemerdekaan adalah cita-cita luhur sebagai sebuah bangsa yang sampai hari ini tak kunjung juga dituntaskan”.

Masih lanjut Amang, demikian namanya biasa dipanggil, cita-cita kemerdekaan kita, dalam makna yang sederhana; melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, sampai hari ini, justru tidak mampu diselesaikan.

“Kita mau melindungi segenap tumpah darah, tapi mahasiswa demo diperlakukan represif. Petani kehilangan sawahnya karena rakusnya korporasi, hutan-hutan di Sumatera dan Kalimantan habis akibat kita tamak. Kita abai pada hak-hak rakyat. Kita mau mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi nyatanya banyak rakyat yang kesulitan mengakses pendidikan. Perguruan tinggi menjadi tempat yang sangat komersil. Orang miskin tak mampu sekolah. Dan banyak lagi problem kerakyatan kita yang akhirnya, kami berkesimpulan, bangsa ini bisa tak selesai-selesai menyelesaikan tugas dan janji kemerdekaannya, karena pemimpinnya hanya punya narasi gamang”.

“Sedangkan kata “Bro” dalam slogan Pawai, dimaksudkan bahwa kami ingin mengajak anak-anak muda Millenial Indonesia untuk berpikir lebih dalam tentang kondisi bangsa kita”, katanya.

Sementara itu, salah satu deklarator Gerakan Pawai Kebangsaan lainnya, Muhammad Ilyas, yang juga mantan Ketua KAMMI dan Dosen di sebuah perguruan tinggi di Jakarta menyatakan bahwa selain slogan “Merdeka, Bro”, Pawai Kebangsaan juga mengambil tiga tema pokok atau tiga narasi dalam gerakannya, yaitu “Islam, Demokrasi, Kemakmuran”. Tiga poin akan menjadi jiwa dari narasi yang akan selalu didengungkan dalam Pawai Kebangsaan.

Pawai Kebangsaan adalah gerakan yang digagas, salah satunya oleh Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI yang juga salah satu tokoh utama Gerakan Reformasi 98. Bersama Fahri, juga tercatat ratusan nama aktivis lintas organisasi. Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 27 daerah yang tercatat ingin terlibat dalam Pawai Kebangsaan yang digagas Fahri dan kawan-kawan tersebut.

#PawaiKebangsaan
#PawaiPersatuan
#MerdekaBro

 

Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here