Membangun Ekonomi Kreatif Dari Ujung Barat Indonesia

0
225

Oleh. Wawan Wahyudin
Pelaku Ekonomi Kreatif

Sebuah perjalanan menuju “Titik Nol” Sabang, dalam rangkaian kegiatan Pawai Kebangsaan mempertemukan kami dengan berbagai hal yg menarik. Diantaranya alam yg indah dengan pulau-pulau yg eksotik. Pembangunan infrastruktur yang sudah relatif maju di bandingkan dengan daerah lain yg jauh dari keramaian ibu kota.

Sabang adalah kota purba yg pada awalnya merupakan pusat perdagangan VOC karena letaknya yang strategis. Sekitar tahun 1900, Sabang adalah sebuah desa nelayan dengan pelabuhan dan iklim yang baik. Kemudian Belanda membangun depot batubara di sana, pelabuhannya diperdalam, mendayagunakan dataran, sehingga tempat yang bisa menampung 25.000 ton batubara telah terbangun. Kapal Uap, kapal laut yang digerakkan oleh batubara, dari banyak negara, singgah untuk mengambil batubara, air segar dan fasilitas-fasilitas yang ada lainnya, hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya bangunan-bangunan peninggalan Belanda.

Masyarakat di kota sabang juga terkenal ramah dan bersahabat selain sebagai petani cengkeh yang mandiri. Seiring berjalannya waktu banyak perubahan yg terjadi di kota Sabang ini, khususnya di bidang ekonomi. Begitu banyak potensi alam yg dimiliki kota ini, diantaranya wisata alam yang indah yang dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung menikmati indahnya pemandangan alam sekaligus sebagai pintu gerbang ekonomi, karena pembangunan infastruktur yang sudah maju.

Sayangnya, kota Sabang yang memiliki pelabuhan bebas yang sangat strategis namun tidak dimanfaatkan secara optimal, dan dibiarkan terbengkalai begitu saja hanya dipakai untuk bersandarnya kapal usang yg nyaris lapuk di makan usia. Beberapa tahun terakhir sudah mulai menggeliat.

Pengembangan pariwisata dan industri harus lebih diprioritaskan untuk memulai pencanangan ekonomi kreatif dari ujung barat Indonesia ini.
Pawai kebangsaan yang digagas oleh Fahri Hamzah dan para aktivis pemuda ini bisa menjadi pondasi awal sekaligus gebrakan baru terhadap kebekuan gerakan di sektor pembangunan pertumbuhan ekonomi kreatif di ujung nusantara ini.

#pawaikebangsaan…
#MerdekaBro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here