Fahri Hamzah Pimpin Delegasi Parlemen Indonesia Dalam Asia Pacific Parliamentary Forum

0
105

Hanoi, Vietnam – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memimpin delegasi DPR RI dalam kegiatan Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) di Hanoi Vietnam yang dijadwalkan berlangsung 17 hingga 21 Januari 2018.

Forum Parlemen Asia Pasifik ini merupakan forum komunikasi dan dialog tahunan yang membahas berbagai isu internasional mutakhir terutama terkait isu kawasan. Sekurangnya 24 negara di kawasan Asia Pasifik menyatakan hadir dalam forum APPF ini.

Selain ketua delegasi Fahri Hamzah, anggota DPR RI yang hadir sebagai delegasi APPF adalah Nurhayati Ali Assegaf (Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen – BKSAP DPR), Juliari P. Batubara (PDIP), Dwi Ria Latifa (PDIP), Dave Akbarshah Fikarno (Golkar), Azikin Sholtan (Gerindra), Venna Melinda (Demokrat), dan Jon Erizal (PAN).

Ketua DPD RI Oesman Sapta juga dijadwalkan hadir dalam forum APPF ini bersama anggota DPD RI lainnya yaitu GKR Ayu Koes Indriyah, Tellie Gozele, Parlindungan Purba, Emma Yohana, Dailami Firdaus, Rugas Binti, dan Jon Pieris.

Farum Parlemen Asia Pasifik (APPF) selama empat hari ini akan membahas berbagai isu terkini, diantaranya isu perempuan dalam Meeting of Women Parliamentarians yang diinisiasi oleh Nurhayati Assegaf dari Parlemen RI. Selanjutnya membahas isu politik dan keamanan, isu ekonomi dan perdagangan, kerjasama regional Asia Fasifik dan isu kawasan lainnya.

Sebelum pembukaan resmi Forum Parlemen Asia Pasifik – APPF, akan diadakan pertemuan komite eksekutif antar pimpinan delegasi parlemen yang akan dihadiri ketua delegasi Fahri Hamzah dan Nurhayati Ali Assegaf. Pertemuan komite eksekutif (Executive Committee) membahas konsolidasi isu strategis yang akan dibahas sepanjang acara APPF.

Sementara Meeting of Women Parliamentarians akan fokus membahas kesetaraan gender untuk pembangunan berkelanjutan. Women Forum ini akan membicarakan peran aktif anggota parlemen perempuan se Asia Pasifik dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di negara masing-masing dalam berbagai aktivitas publik dan kesetaraan. Forum ini juga membahas peran anggota parlemen perempuan untuk selalu hadir dan proaktif dalam pertemuan antar parlemen di kawasan maupun forum dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here