Fahri Hamzah Serukan Perlawanan Terhadap Konspirasi Ketakutan Sebagai Cara Meneladani Pahlawan Nasional Maulana Syeh

0
166

Mataram, NTB – Wakil Ketua DPR RI yang juga Presiden Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA KAMMI), Fahri Hamzah menyampaikan orasi kebangsaan di hadapan lima ratusan pemuda yang memadati acara Syukuran Pemuda NTB atas penganugrahan gelar Pahlawan Nasional Kepada Maulana Syeh TGKH. M. Zainudin Abdul Madjid yang diselenggarakan oleh KA KAMMI NTB di Ballroom Islamic Center, Senin 20 November Kemarin.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda NTB, Dr. H. Rosyadi Sayuti yang mewakili Gubernur NTB yang secara tiba-tiba berhalangan hadir di detik-detik terakhir menjelang acara dimulai, tokoh-tokoh sasak, samawa, dan mbojo, serta anggota DPRD NTB yang menyampaikan testimoni mengenai Maula Syeh sebelum Fahri menyampaikan orasinya.

Salah satu pesan penting yang disampaikan Fahri dalam orasi kebangsaannya adalah pentingnya melakukan perlawanan terhadap konspirasi ketakutan. “Seperti Maulana Syeh, kita harus berani tampil melawan the conspiracy of silent dan conspiracy of fear, selama kita tunduk dan takluk pada konspirasi diam dan konspirasi ketakutan itu, maka kita tak akan pernah merdeka dan berjaya sebagai sebuah bangsa” demikian petikan orasi Fahri.

Umum diketahui oleh masyarakat betapa Maulana Syeh, di usia mudanya berhasil menaklukkan konspirasi diam yang memapankan penjajahan belanda. Ketika sebagian besar rakyat memilih untuk diam dan menerima keterjajahannya karena upaya konspirasi ketakutan oleh pemerintah kolonial, Maulana Syeh menantang zamannya dengan menyerukan jihad akbar melawan sikap diam masyarakat atas penjajahan itu.

Maulana Syeh berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mendidik dan menanamkan jiwa merdeka yang pantang menyerah pada konspirasi ketakutan yang dibuat penguasa kolonial. Hasilnya, masyarakat tak lagi diam dan tak lagi takut pada penjajahnya, sehingga muncullah gerakan perlawanan yang memerdekakan masyarakat bangsa tidak hanya secara politik, tapi juga secara moral, intelektual, dan finansial.

Fahri Hamzah telah mengingatkan kita pada sejarah kelam bangsa ini ketika kita membiarkan konspirasi diam dan konspirasi ketakutan mengkerdilkan jiwa anak bangsa. Oleh karenanya, dengan mensyukuri gelar pahlawan nasional Maulana Syeh ini, kita hendaknya melibatkan diri kita dalam perlawanan dan jihad akbar melawan konspirasi diam dan konspirasi ketakutan yang nampak sedang terjadi pada bangsa kita dewasa ini.

#MerdekaBro…!!!

Oleh. Muhammad Nurjihadi, M.Si. (Sekjen KA KAMMI NTB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here