DPR RI Kunjungan ke Parlemen Brazil Dipimpin Fahri Hamzah

0
47

Rabu (26/9/2018), Delegasi Parlemen Indonesia yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPR RI (Korkesra) Fahri Hamzah, SE didampingi anggota DPR RI; H.R. Erwin M Singaruju (Fraksi PDIP), Fadhlullah (Fraksi Gerindra), Cucun Ahmad (Fraksi PKB), R. Alimin Abdullah (Fraksi PAN), Refrizal (Fraksi PKS), Sutriyono (Fraksi PKS) dan Irgan Chairul (Fraksi PPP) beserta rombongan Staf DPR RI melakukan pertemuan dengan perwakilan parlemen Brazil di Gedung Parlemen Brasilia.

Dalam pertemuan itu, Delegasi DPR RI mendapatkan penjelasan dan pemaparan tentang pembiayaan partai politik dan pemilu dari parlemen Brasil. Brasil akan melakukan pemilu serentak bulan depan, tepatnya 7 Oktober 2018.

Dalam pemaparannya, parlemen Brasil menjelaskan tentang sumber-sumber pembiayaan partai politik. Pada intinya pembiayaan partai politik di Brasil bersumber dari negara dan perorangan. Dalam Pemilu Brasil perusahaan atau korporat dilarang menyumbang partai politik atau pemilu.

Delegasi DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Fahri Hamzah, SE, aktif berdiskusi dan mendalami tentang tema pembiayaan partai politik dan pemilu. Berbagai macam pertanyaan disampaikan oleh delegasi DPR RI menyangkut tema-tema yang juga terjadi di Indonesia. Agenda sessi ini bertujuan untuk mendapatkan perspektif mendalam tentang pembiayaan partai politik dan pemilu di Brasil dimana dari sisi sistem dan konfigurasi politik di Brasil relatif mirip dengan Indonesia.

Fahri Hamzah menyampaikan bahwa delegasi DPR RI cukup mendapatkan informasi penting dalam paparan parlemen Brasil terutama terkait regulasi pemilu khususnya terkait hubungan pembiayaan pemilu dan korupsi. Pengalaman parlemen Brasil dalam merumuskan regulasi pembiayaan politik bisa menjadi masukan untuk sistem pemilu Indonesia ke depan. Fahri Hamzah juga mendorong parlemen Brasil memaparkan sistem parlemen mereka sebagai bahan pembelajaran delegasi DPR RI.

Sutriono (FPKS) yang juga anggota komisi 2 DPR RI menyatakan bahwa paparan dari Parlemen Brazil tadi memjadi bahan pembanding dan masukan terkait Pendanaan Parpol dan Pemilu serta untuk Senator. Termasuk ketegasan dalam hal Sumbangan dana Pemilu, baik oleh pemerintah maupun sumbangan perorangan. Yang menarik juga adalah Alokasi bantuan Parpol dan pembagian proporsionalitasnya.

Selanjutnya delegasi DPR RI diagendakan bertemu dengan Tribunal Superior Eleitoral (KPU) Brasil untuk menggali sistem pemilu di Brasil. (IE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here